Penghargaan Oleh PO SK/SS
PO – PO Terbaik 2007 (Penghargaan Sepanjang Masa) sesuai
dengan Daftar Lampiran
Undangan dari Direktorat Perhubungan Darat no
UM.202/38/12/DJPD/2007
adalah:
PO Sinar Jaya di Jakarta
PO Budiman di Tasikmalaya
PO Sumber Alam di Kutoarjo
PO Sumber Kencono di
Sidoarjo
PO Eka di Mojokerto
Sebaiknya dapat dihimbau
untuk memuat informasi yang dapat
dipertanggungjawabkan
kebenarannya.
Terima Kasih atas
perhatiannya.
Peduli Transportasi Darat Indonesia
Pada tanggal 05/12/07
LAINNYA ;
2005-2006 : Bus Ekonomi Terbaik Oleh Menteri Perhubungan RI, M. Hatta Rajasa
2005 : Bus Ekonomi Terbaik Oleh Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Provinsi Jawa Timur, Sudirman Hambali
2007 : Bus Ekonomi Terbaik Oleh Menteri Perhubungan RI, Jusman Syafii Djamal
2008 : Bus Ekonomi Terbaik oleh Menteri Perhubungan RI, Jusman Syafii Djamal
2008 : Bus Ekonomi Terbaik Jawa Timur,Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Bapak Imam Utomo
2010-2011: BUS TERBAIK DALAM HAL KELENGKAPAN ADMINISTRASI TERMINAL PURABYA (BUNGURASIH) SUARBAYA 2010-2011
2011 : Bus Santun Oleh Polda Jawa Timur di Raih Oleh Salah Satu Driver Sumber Group
2011 :BUS TERBAIK LOLOS EMISI GAS BUANG POLRES NGAWI
2011 : Lifetime Achievement Menhub
2012 : Driver dengan Pengetahuan dan Nilai Terbaik Dalam Seminar
Penyuluhan Aksi keselamatan Jalan Raya yang Dilakukan Di Madiun Jawa
Timur di Raih Oleh Sopir PO Sumber Kencono-Sumber Selamat dan Sugeng
Rahayu oleh KEMENHUB dan disetujui oleh Menteri Perhubungan EE
Mangindaan
award yang diraih
22.18 |
Read User's Comments(0)
mesin yang digunakan tahun 2012-2013
22.14 |
Spesifikasi Hino RK8
PRODUK Model R 260PRODUKSI Kode Produksi RK8JSKA-NHJ
PERFORMANCE Kecepatan Maksimum(km/jam) 116
Daya Tanjak (tan Ø) 38
MESIN Model J08E-UF
Tipe Diesel 4 Stroke; In-Line
Tenaga Maks (PS/rpm) 260 / 2500
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm) 76 / 1500
Jumlah Silinder 6
Diameter x Langkah Piston (mm) 112 x 130
Isi Silinder 7684
KOPLING Tipe Single Dry Plate, with Coil Spring
Diameter 380
TRANSMISI Tipe 6 speeds
Perbanding Gigi ke-1 8.189
ke-2 5.34
ke-3 3.076
ke-4 1.936
ke-5 1.341
ke-6 1
ke-7 -
ke-8 -
ke-9 -
mundur 7.142
KEMUDI Tipe Integral Power Steering
Radius Putar Min. (m) 9.2
SUMBU Depan Reverse Elliot, I-Section Beam
Belakang Full floating type with hypoid gear
Perbandingan gigi akhir STD = 4.300
Sistem Penggerak Rear 4×2
REM Rem Utama Full Air,with Two Circuit
Rem Pelambat With On Exhaust Pipe
Rem Parkirr Spring Brake
RODA & BAN Ukuran Rim 20×7.00T-162
Ukuran Ban 10.00-20-14PR
Jumlah Ban 6
SISTIM LISTRIK Accu 12V-120Ah x2
TANGKI SOLAR Kapasitas (L) 270
DIMENSI (mm) Jarak Sumbu Roda 6000
Total Panjang 11270
Total Lebar 2440
Total Tinggi 1865
Lebar Jejak Depan FR Tr 2040
Lebar jejak Belakang RR Tr 1840
Julur Depan FPH 2200
Julur Belakang ROH 3070
SUSPENSI Depan & Belakang Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring
BERAT CHASSIS (kg) Depan 1270(calculation)
Belakang 3780(calculation)
Berat Kosong 5050(calculation)
GVWR 14200
HARGA SRP OFF THE ROAD JAKARTA Rp. 561,000,000
spec source : zulfikarbismanai.blogspot.com
Spesifikasi Hino AK8
PRODUK | Model | A 215 |
PRODUKSI | Kode Produksi | AK8JRKA-FCJ |
PERFORMANCE | Kecepatan Maksimum(km/jam) | 105 |
Daya Tanjak (tan Ø) | 35 | |
MESIN | Model | J08E-UH |
Tipe | Diesel 4 Stroke; In-Line | |
Tenaga Maks (PS/rpm) | 215 / 2500 | |
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm) | 62 / 1500 | |
Jumlah Silinder | 6 | |
Diameter x Langkah Piston (mm) | 112 x 130 | |
Isi Silinder | 7684 | |
KOPLING | Tipe | Single Dry Plate, with Coil Spring |
Diameter | 350 | |
TRANSMISI | Tipe | 6 speeds |
Perbanding Gigi | - | |
ke-1 | 7.663 | |
ke-2 | 4.751 | |
ke-3 | 2.898 | |
ke-4 | 1.844 | |
ke-5 | 1.288 | |
ke-6 | 1 | |
ke-7 | - | |
ke-8 | - | |
ke-9 | - | |
mundur | 7.173 | |
KEMUDI | Tipe | Integral Power Steering |
Radius Putar Min. (m) | 9.9 | |
SUMBU | Depan | Reverse Elliot, I-Section Beam |
Belakang | Full floating type with hypoid gear | |
Perbandingan gigi akhir | STD = 5.125 | |
Sistem Penggerak | Rear 4×2 | |
REM | Rem Utama | Air Over Hydraulic, |
Rem Pelambat | With On Exhaust Pipe | |
Rem Parkirr | Internal Expanding tipe pada transmisi output | |
RODA & BAN | Ukuran Rim | 20X7.00T-162 |
Ukuran Ban | 9.00-20-14PR | |
Jumlah Ban | 6 | |
SISTIM LISTRIK | Accu | 12V-120Ah x2 |
TANGKI SOLAR | Kapasitas (L) | 200 |
DIMENSI (mm) | Jarak Sumbu Roda | 5800 |
Panjang bak | ||
Total Panjang | 11180 | |
Total Lebar | 2425 | |
Total Tinggi | 2100 | |
Lebar Jejak Depan FR Tr | 1920 | |
Lebar jejak Belakang RR Tr | 1840 | |
Julur Depan FPH | 2030 | |
Julur Belakang ROH | 3350 | |
SUSPENSI | Depan & Belakang | Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring |
BERAT CHASSIS (kg) | Depan | 2465(calculation) |
Belakang | 1940(calculation) | |
Berat Kosong | 4405(calculation) | |
GVWR | 14200 | |
HARGA SRP OFF THE ROAD JAKARTA | Rp. 430,000,000 |
jadwal bus sugeng rahayu.surabaya-semarang
01.27 |
Berikut adalah jadwal keberangkatan bus sugeng rahayu jurusan surabaya-semarang, semarang-surabaya via karang jati
Sumber ;
https://sites.google.com/site/sumbergroupweb/travel-info/jadwal-keberangkatan
sejarah sumber kencono atau tidak sekarang disebut sumber group
01.10 |
Sejarah Sumber Kencono
Sumber Kencono, Siapa yang yang tidak tahu akan Perusahaan Otobus ini (PO) Bagi yang sering bepergian Jogja-Surabaya tentu saja sangat hafal dengan Bis ini.
Saat ini PO Sumber Kencono Group merupakan salah satu PO yang mempunyai armada yang sangat banyak ratusan Bus yang melayani rute Surabaya-Wonogiri, Surabaya- Jogjakarta dan Surabaya-Semarang via Solo.
Berikut Sejarah Bis Sumber Kencono :
1981 => Po Sumber Kencono Didirikan oleh Setyaki Sasongko yang berpendidikan Lulusan Teknik Mesin dan pernah bersekolah di Jerman, pada saat berdiri hanya berjumlah 6 Bus arti Sumber Kencono sendiri adalah “Sumber Penghasilan”;
2007 => Terpilih sebagai salah satu PO Terbaik dari Direktorat Perhubungan Darat
2009-2010 -2011 => Seiring dengan persaingan dengan PO Eka/Mira Po Sumber Kencono memperbaharui armadanya dengan mesin Hino karoseri Laksana, seri Nucleus 3 dan Legacy dengan menambahkan fasilitas AC dengan tarif sama dengan bis Non AC. Terkenal dengan nama “AC Tarif Biasa (ATB)”, yang non AC sedikit demi sedikit diganti dengan armada kurang lebih 250 Bus;
2011 => Terpilih sebagai Bus Santun 2011 Polda Jatim;
2011 => Terpilih sebagai Bus Terbaik dalam Hal Kelengkapan Administrasi Terminal Purabaya (Bungurasih) surabaya 2010-2011;
2011 => Bus Terbaik Lolos Emisi Gas Buang Polres Ngawi;
2011 => Memasang GPS di armadanya untuk memantau kecepatan.
2011 => Dikarenakan banyak terjadi kecelakaan dan untuk merubah agar lebih baik, sesuai juga dengan filososofi Jawa, maka PO Sumber Kencono mengganti sebagian armadanya dengan nama Sumber Selamat dengan motto “Melayani Setulus Hati” arti Sumber Selamat adalah ” Sumber Keselamatan” dengan tetap mempertahankan motif garis-garis tetapi mengganti warna yang dominan biru ke dominan perak.
dengan adanya 2 nama tersebut PO Sumber Kencono sekarang dipanggil dengan nama Sumber Group. Pergantian nama ini diharapkan selama perjalanan Sumber Group senantiasa diberikan keselamatan.
2012 => Filosofi Nama adalah doa, Kedua kalinya Bapak Setyaki Sasongko merubah nama sebagian armada bus Sumber Group, menjadi “SUGENG RAHAYU” dengan motto “Tetap Setia Melayani” yang bisa diartikan “Selamat Selamat” atau selamat untuk yang kedua kalinya atau dalam istilah jawa lebih tepat lagi dikatakan sebagai terus selamat, sejahtera dan jauh dari musibah atau kekurangan.
Kali ini livery (simbol Bus ) dirubah menjadi gambar lumba-lumba, yang artinya bahwa lumba-lumba itu mempunyai sifat seperti manusia, suka tolong menolong, ramah dan mempunyai rasa setia kawan yang tinggi. Diharapkan dengan menggunakan logo lumba-lumba dapat merubah image dari Sumber Group menjadi lebih baik lagi.
Armada pertama Sugeng Rahayu W 7566 UY dicoba Pada tanggal 22 Februari 2012 jam 2 siang, untuk melakukan road test guna melihat animo masyarakat terhadap perubahan nama yang akan dilakukan oleh Sumber Group.
2012 => Penambahan Bus Sumber Kencono dengan livery star.
Sumber Group juga melayani paket wisata wali songo, ziarah makam, study tour dan lainnya dengan armada regular yang di pakai sementara untuk wisata dangan harga yang terjangkau dengan kelas -AC Ekonomi (ATB) atau Ekonomi Non AC
Bis ini juga mempunyai Sejarah Kelam karena dikenal sebagai Bus maut karena banyak kecakaan merenggut banyak nyawa yang melibatkan Busi ini bahkan namanya pun di plesetkan menjadi Bus Sumber Bencono (Sumber Bencana). Menurut saya pergantian nama di atas digunakan untuk merubah image yang sudah ada di masyarakat.
Tentu saja bukan hanya doa dan perubahan nama yang diharapkan dari konsumen Sumber Group, aksi nyata perubahan manajemen dan pengawasan yang bisa meminimalkan kejadian kecelakaan di Jalan raya yang melibatkan Sumber Group
Langganan:
Postingan (Atom)